Frank Gadget

Media Online Berisi Berita Teknologi, Gadget, Software dan Game

Minggu, 01 Mei 2016

Titan, Satelit Planet Saturnus yang Seperti Bumi

Titan, Satelit Planet Saturnus yang Seperti BumiTitan adalah satelit dari Planet Saturnus. Berdasarkan penelitian yang cukup lama, telah ditemukan fakta menarik dari Titan. Meski ia hanyalah sebauah satelit tapi memiliki beberapa kemiripan dengan Bumi, planet tempat kita tinggal. 

Berberapa hal yang membuat Titian mirip dengan Bumi antara lain adanya cekungan sungai dan danau, permukaan batuan dan lempeng tekntonik serta adanya atmosfeer yang menyelimuti layaknya Bumi. Tapi tentu saja kandungan atmosfeernya berbeda dengan yang ada di Bumi.

Atmosfeer Titan lebih banyak mengandung gas nitrogen dan juga metana. Hal itu juga yang menjadikan laut serta danau yang ada di sana dipercaya memiliki cairan metana ketimbang air. Kemudian muncullah pertanyaan asal usul cairan metana yang memenuhi danua-danau Titan. NASA yang diwakilkan seorang ilmuwan memiliki penjelasan akan hal itu.

Titan, Satelit Planet Saturnus yang Seperti Bumi

Sama halnya juga dengan Bumi, Titan juga punya siklus hujan tapi hujan yang ada di sana hanya “rekayasa” yang berasal dari atmosfeer yang memang juga penuh dengan metana sehingga timbulah hujan metana.

Hal senada juga dipaparkan oleh juru bicara NASA, ia menjelaskan bahwa lautan dan danau yang ada di satelit Saturnus itu adalah kawah batuan yang terisi oleh hujan metana yang bersumber dari atmosfeer Titan sendiri. Dan ketika terjadi siklus hujan, metanapun akhirnya mengisi area kosong pada kawah-kawah yang ada hingga membentuk danau atau lautan.

Walapun Titan memiliki banyak kemiripan dengan Bumi kita tapi hal yang mendasar dan membedakan antara keduanya ialah di sana tidak ada oksigen sebagai sumber kehidupan makhluk. Selain itu, suhu di sana juga begitu dingin.

Menyajikan Berita Gadget, Software, Aplikasi Android,IOS dan yang lain nya. Terima Kasih Telah membaca

Back To Top